meniti jalan menuju keridhoan allah azza wa jalla.

Blog Archive

larangang beribadah kepada allah di sisi kuburan




segala puji bagi allah rabbul 'alamin, sholawat dan salam semoga dilimpahkan kepada baginda rasulullah juga keluarga dan para sahabatnya, dan juga kepada pengikutnya sampai kiamat. amin

pada kesempatan kali ini saya akan membagikan penjelasan pendek atau syarah terhadap sebuah kitab tauhid karya syaikh muhammad at tamimi rahimahullah. dan banyak di rujuk pada kitab al mulakhkhash fii syarh kitab tauhid karya dr. shalih bin fauzan al fauzan hafizhahullah,

semoga allah menjadikan penyusunan risalah ini ikhlas karena-nya dan bermanfaat, allahumma aamin.

dalam kitab shahih dari aisyah rafldhiyallahu 'anha, bahwa ummu salamah pernah menyebutkan kepada rasulullah shallallahu alaihi wa sallam sebuah gereja yang di lihat di negri habayah, berikut gambar-gambar yang di lukiskan di dalamnya ,
maka beliau bersabda : " mereka itu ,apabila ada hamba yang saleh atau hamba yang saleh meninggal dunia, mereka membangun mereka membangun diatas kuburannya sebuah tempat ibadah, dan membuatkan di dalamnya sebuah rupaka-rupaka (gambar-gambar) merekalah seburuk-buruknya makhluk di sisi allah"

mereka di hukumi seburuk-buruknya makhluk, karena mereka melakukan dua fitnah sekaligus, yaitu fitnah memuja kuburan dengan membangum tempat ibadah di atasnya dan fitnah membuat rupaka-rupaka/ patung
         
               ************************

penjelasan hadist diatas di sebutkan oleh bukhari no. 434,  hadist muslim no.528  dan ahmad 6/51.

dalam bab ini penyusunan (syaikh muhammad at tamimi) rahimahullah ingin menerangkan, bahwa beribadah kepada allah di sisi kuburan merupakan sarana yang mengantarkan kepada perbuatan syirik.

pada hadist di atas, ummu salamah radhiyallahu anha menyebutkan kepada baginda nabi shallallahu alaihi wa sallam disaat beliau sakit menjelang wafatnya apa yang ia saksikan di gereja-gereja orang nasrani berupa rupaka-rupaka (lukisan/patung) manusia, lalu nabi shallallahu'alaihi wa sallam menjelaskan sebab mereka membuat rupaka-rupaka tersebut,
yaitu sifat berlebihan terhadap orang-orang saleh yang mendorong mereka membangun tempat beribadah diatas kuburan mereka, serta membuat rupaka-rupaka di dalamnya, kemudian nabi shallallahu'alaihi wa sallam menerangkan, bahwa orang - orang yang melakukan hal itu adalah orang-orang yang paling buruk di sisi allah, karena mereka memadukan antara dua larangan, yaitu menjadikan kuburan sebagai tempat ibadah fan membuat patung-patung, dimana keduanya merupakan sarana yang mengantarkan kepada kemusyrikan.

hadist diatas juga menunjukan bahwa menjadikan kuburan sebagai tempat ibadah sama saja menyarupai orang-orang nasrani, dan bahwa yang melakukan hal itu akan menjadi manusia paling buruk di sisi allah, wal iyadz billah.
                
                  **************************

dalam riwayat bukhari dan muslim dari aisyah radhiallahu anha ia berkata " ketika rasulullah shallallahu alaihi wa sallam akan wafat , beliau segera menutup wajahnya dengan khamishah (kain bergaris), dan ketika nafasnya terasa sesak maka di buakanya kembali kain itu, lalu beliau bersabda " 

"LAKNAT ALLAH TERTIMPA KEPADA ORANG-ORANG YAHUDI DAN NASRANI , MEREKA MENJADIKAN KUBUR NABI MEREKA SEBAGAI MASJID,"

" beliau memperingatkan umatnya agar tidak melakukan perbuatan yang di lakukan mereka, kalau bukan karena hal itu, tentu kubur biliau akan di tampakkan, hanya saja di khawatirkan kalau kuburnya nanti si jadikan tempat beribadah"
                      *****************

penjelasan hadist di sebutkan dalam shahih  bukhari no.435 dan muslim no. 531.


lafaz "khusyiya" (di khawatirkan)  dengan di dhammahkan huruf khu-nya dalam hadist si atas bisa di baca fathah " khasyiya"  yang didhammahkan maka maksudnya para sahabat khawatir kubur beliau akan  di jadikan tempat ibadah sehingga tidak di tampakkan, dan jika di fathah-kan  maka berarti rasulullah  shallallahu alaihi wa sallam  yang memerintahkan agar kubur beliau yidak di tampakkan.

hadist diatas menunjukan perhatian besar baginda rasul terhadap tauhid agar agar umatnya tidak terjatuh ke dalam syirik yang di akibatkan oleh sikap berlebihan terhadap kubur para nabi atau orang-orang shaleh, padahal ketika itu beliau dalam keadaan sekarat, namun beliau tetap memperingatkan umatnya agar tidak melakukan seperti apa yang di lakukan orang-orang yahudi dan nasrani, maka semoga shalawat allah dan salam-nya terlimpah kepada nabi kita muhammad shallallah alaihi wa sallam.

dalam hadist diatas terdapat larangan beribadah di sisi kuburan, karena yang demikian dapat mengantarkan kepada lerbuatan syirik.

                           ***************

dalam riwayat muslim dari jundab bin abdullah ia berkata " aku mendengar nabi shallallah alaihi wa sallam bersabda lima hari sebelum wafatnya
" sungguh, aku menyatakan setia kepada allah dengan menolak bahwa aku mempunya seorang khalil (kekasih mulia) dari antara kalian, karena sesungguhnya allah telah menjadikanku sebagai kekasih-Nya, sebagaimana ia telah menjadikan ibrahim sebagai kekasih-Nya, kalau sekiranya aku  menjadikan seorang kekasih dari kalangan umatku, maka aku akan jadikan abu bakar sebagai kekasihku, ketahuilah, sesungguhnya orang-orang  sebelum kalian telah menjadikan kubur  para nabi dan orang-orang shaleh sebagai masjid (tempat ibadah). ingatlah, janganlah kalian jadikan kubur- kubur sebagai masjid, sesungguhnya aku melarang kalian melakukan perbuatan itu."

hadist; Shahih muslim no.532
   
               *****************************

*  jundab bin abdullah bin sufyan al bujalliy adalah seorang sahabat yang masyhur, ia wafat diatas usia enam puluh tahun, semoga allah meridhainya.

*  abu bakar; abdullah bin utsman bin amir bin `amr bin ka'ab at taimiy  adalah khalifah rasulallah shallallah alaihi wa sallam, sahabat beliau terbaik, wafat pada tahun 13H dengan usia 63 tahun, semoga allah meridhainya.

maksud 'menjadikan kuburan sebagai masjid ' adalah melakukan ibadah atau shalat di dekat atau menghadap ke arahnya, serta membangun bangunan kubah di atasnya.

dalam hadist diatas, nabi shallallah alaihi wasallam menyampaikan perkara penting kepada umatnya, yaitu menyampaikan kedudukannya di hadapan allah, yakni sebagai kekasih-Nya sebagimana yang di peroleh oleh ibrahim alaihis salam.
oleh karena itu, beliau nafikan khalil (kekasihnya) selain allah, karena hati beliau penuh dengan kecintaan, pengagunggan, dan ma'rifat (pengenalan) kepada-Nya.
kalau sekiranya, beliau mempunyai kekasih, tentu beliau jadikan abu bakar sebagai kekasihnya.
hal ini menunjukan keutamaan abu bakar dan keberkahannya untuk menjadi khalifah (pengganti) setelahnya.
selanjutnya beliau menyampaikan tentang sikap berlebihan orang-orang yahudi dan nasrani terhadap kubur para nabi sehingga menjadikannya tempat beribadah yang penuh dengan kesyirikan, dan beliau melarang umatnya melakukan hal yang sama dengan mereka.

                           *********

KESIMPILAN:

1. larangan menjadikan kuburan sebagai tempat beribadah yang dilakukan shalat atau ibadah si sisinya, atau memgahadap ke arahnya atau membangun kubah dan masjid di atasnya.

2. menutup segala celah yang bisa mengantarkan kepada kesyirikan.

3. menetapkan sifat mahabbah atau cinta bagi allah subhanahu wa ta'ala yang sesuai dengan keagungan-Nya.

4. keutamaan nabi muhammad dan nabi ibrahim alaihimash shalatu wa salam.

5. keutamaan abu bakar ash shidiq dan bahwa beliau adalah orang terbaik umat ini.

6. bukti akan kekhalifahan abu bakar ash shidiq setelah rasulallah shallallah alaihi wa sallam.
              
                                   *****

segala puji hanya bagi allah shalawat dan salam semoga dilimpahkan pada rasulallah, keluarga,sahabat dan umatnya sampai kiamat..

dan semoga kita termasuk orang- orang yang akan menemani baginda rasulullah di surga kelak.. allahumma aamin..


0 komentar:

Posting Komentar